Jumat, 11 November 2016

Lima Langkah Mudah Menghadapi Diare



Lima Langkah Mudah Menghadapi Diare

 






1.     Pertama, minum air putih
Hal pertama yang harus anda lakukan agar tidak dehidrasi adalah dengan terus menerus minum air putih. Jangan membatasi minum air putih hanya 2 liter, tetapi minum sebanyak banyaknya. Yang paling penting adalah anda tetap merasa segar dan kebutuhan ion ditubuh anda tercukupi , bila perlu minum elektrolit juga baik, apalagi jika diare telah dibarengi dengan demam.
2.     Kedua, makan yogurt
Makanan yang anda makan mukin akan banyak dikeluarkan ketika diare, tetapi dengan mengonsumsi yogurt akan membatu dalam membunuh bakteri penyebab diare tersebut.
3.     Ketiga, istarahat
Jika anda diare dan sudah berkali kali keluar masuk kamar mandi, segeralah ambil waktu untuk beristirahat. Mengistirahatkan badan akan memberikan waktu agar tubuh anda dapat memberbaiki dirinya sendiri selain bantuan dari luar. Untuk mengimbangi rasa sakit di perut, sambil beristirahat kompres perut dengan air hangat atau sambil tidur anad dapat menghirup air kaldu atau air hangat ditambah dengan garam.
4.     Keempat, minum obat
Cara untuk mengatasi diare yang selanjutnya adalah dengan minum obat. Anda dapat mengurangi gejala diare dengan minum obat. Mungkin ini bukan cara terbaik untuk tubuh anda karena bisa jadi diare merupakan salah satu tanda bahwa tubuh anda sedang membuang kotoran tak penting dari tubuh. Maka dari itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi obat obatan, lakukan hanya jika anda membutuhkannya saja.
5.     Kelima, hindari makanan yang memperparah diare
Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat mengalami diare, jika anda mengonsumsi makanan ini kemungkinan diare akan bertambah parah, makanan makanan tersebut yaitu susu, keju, dan produk susu lainnya kecuali yogurt. Selain itu anda juga harus menghindari makanan yang tinggi serat, makanan berminyak, kafein, dan makananyang mengandung gula dalam jumlah banyak. Sebaliknya, anda dapat mengonsumsi wortel yang dimasak, roti panggang, ayam tanpa kulit, sup, kentang, pisang, dan beras atau nasi lembut. Lebih baik jika makanan yang baik dikonsumsi ketika diare tersebut dimasak dengan lebih lembut.
 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar