Jumat, 11 November 2016

Keutamaan Aisyah Binti Abu Bakar radiyallahu’anha



Keutamaan Aisyah Binti Abu Bakar radiyallahu’anha




A
isya dikenal cerdik dan kuat hafalannya. Aisya radiyallahu’anha meriwayatkan hadits dari bapaknya, Umar bin Khattab, Fatimah putri Rasulullah, Hamzah bin Amru Al Aslamy, Sa’ad dan Jundamah Binti Wahab. Yang meriwayatkan darinya ada lebih dari 150 orang baik secara  mursal maupun tidak. Musandnya mencapai 2210 hadits, yang disepakati Imam Bukhori dan Muslim ada 174 hadits. Bukhori sendiri ada 54 hadits dan muslim ada 69 hadits.
            Kapasitas Keilmuannya
Kesaksian pakar ilmu pengetahuan dari kalangan ulama terdahulu tentang keluasan, keunggulan, dan kredibilitas Aisyah :
v Urwah bin Zubair (keponakannya), putranya Hisam meriwayatkan darinya, “Aku tidak melihat seseorang yang lebih pintar dalam ilmu fiqih (agama), kedokteran, dan syair selain Aisyah.”
v Az-Zuhri, “Seandainya dibandingkan antara ilmu Aisyah dan ilmu seluruh istri nabi, dan ilmu seluruh wanita, niscaya ilmu Aisyah jauh lebih unggul.”
          Kisah Hijrahnya
            Ketika Rasul hijrah ke Madinah, beliau meninggalkan anak anak perempuannya. Ketika sudah sampai di Madinah, beliau mengutus Zaid bin Haritsah dan Abu Rofi’ untuk menjemput keluargannya dengan memberinya dua tumpangan dan uang lima ratus dirham dari Abu Bakar Ash-Shiddiq dan mengirimkan Abdullah Uraiqith Allaishii dengan dua atau tiga onta dan berpesan pada anaknya Abdullah agar membawa keluargannya. Mereka adalah Ummu Ruman, Aisyah dan Asma’. Sesampainya di Qodid, Zaid membeli 3 unta kemudian masuk ke Mekkah. Saat itu Zaid berpapasan dengan Thalhah hendak berhijrah bersama keluarga Abu Bakar, kemudian mereka memutuskan untuk berangkat ke Madinah bersama. Aisyah sampai di Madinah ketika Masjid Nabawi sudah dibangun.
            Keutamaan Aisyah
            Banyak riwayat menceritakan tentang perjalanan hidup Aisyah yang mengesankan. Salah satunya diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari Aisyah sendiri. Rosulullah telah bersabda , “Aku memimpikanmu sebanyak dua kali, dimana Aku melihat kamu di balik kelambusutra yang bagus, lalu dikatakan bahwa “Ini adalah Istrimu”. Ketika Aku membukanya maka ternyata wanita yang ada dibalik kelambu itu kamu.”. terlebih Allah menurunkan 10 Ayat berkenaan pembebasan dia dari tuduhan bohong dan ditegaskan dalam Surah An-Nur ayat 26.
            Aisyah merupakan istri yang paling dicintai Rasulullah diatara sembilan istrinya. Hadits dari Amr bin Ash, dia datang pada Rasulullah seraya bertanya, “Wahai Rasul siapa orang yang paling kamu cintai?” Beliau menjawab, “Aisyah.”. Lalu bertanya lagi, “Siapa orang laki-laki yang paling kamu cintai?” Beliau menjawab, “Bapaknya.”, “lalu siapa lagi setelahnya?” Beliau menjawab, “Umar.”, yakni Umar bin Khotob radhiyanllahu‘anhum.
            Malaikat menuyampaikan salam untuknya tidak ada satu kali. Dari Aisyah, bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Jibril telah mengucapkan salam kepadalu, maka Aku menjawab ‘alaihissalam”. Rasul meninggal dalam kamarnya dan ialah yang mengurus pada akhir hayatnya , dan meninggal dalam pangkuan dan dekaapannya. Rasulullah bersabda, “Keytamaan Aisyah atas wanita wanita yang lainnya bagaikan keutamaan tsarid ( roti yang dibubuhkan dalam kuah atas makan yang lainnya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar